Internet Of Things

Internet Of Things

Setiap harinya kita dekat denga Internet of Thing(IOT), namun banyak dari kita yang tidak menyadarinya, Hidup kita tidak lepas dengan internet dan perangkat pintar lainnya, Internet Of Things atau yang sering di sebut dengan IOT merupakan teknologi yang semakin di kembangkan di masa depan, karena segala sesuatu saat ini terhubung dengan internet, hampir semua perangkat elektronik saat ini di hubungkan dengan internet, Koneksi hal-hal fisik ke Internet ini memungkinkan untuk mengakses data sensor jarak jauh untuk mengendalikan benda-benda di sekitar kita dari jarak jauh. 

Sampai saat ini belum ada definisi pasti tentang IOT, secara sederhana dapat di pahami IOT merupakan teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung ke jaringan internet. Teknologi ini di temukan oleh kevin Ashton pada tahun 1999 hingga saat ini teknologi IOT mulai banyak di kembangkan dan di aplikasikan. 

Salah satu layanan IOT yang paling dekat dengan kita adalah GPS(Global Positioning System), Cara kerjan IOT yaitu setiap benda yang terhubung dengan internet dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Saat ini di Negara kita Indonesia sudah menerapkan IOT pada proyek Smart City di 23 kota. 



Agar mudah di pahami sistem IOT menghimpun data yang diambil dari sumber lain, misalnya, dengan data yang terdapat di Web seperti cara kerja GPS, memunculkan layanan sinergis baru yang melampaui layanan yang dapat diberikan oleh sistem embedded yang terisolasi. Objek pintar, yang merupakan blok bangunan dari Internet of Things, hanyalah nama lain untuk sistem tertanam yang terhubung ke Internet. Jadi Benda-benda di sekitar kita yang di tanam sebuah objek pintar dan mendeteksi sensor dan terhubung ke jaringan internet. Seperti itulah cara kerja IOT, dengan adanya teknologi IOT, internet tidak hanya menghubungkan sesama manusia tetapi juga benda-benda di sekitar kita, mungkin ada benarnya suatu saat kita akan bisa berbicara dengan Tembok, hehehe...

Dari benda-benda yang terhubung ini lah akan menghasilkan banyak data permenitnya, nah data-data yang terhimpun yang kemudian akan di kelola dan di kembangkan oleh teknologi Big Data untuk mengambil keputusan cerdas.

Baca Juga: Big Data

Syarat-syarat adanya IOT adalah adanya perangkat-perangkat cerdas yang di tanamkan ke dalam benda-benda kemudian dihubungkan dari sistem komputer untuk bisa membuat perangkat cerdas terhubung satu sama lain. Sistem komputer yang dapat menghubungkan salah satunya bisa melalui perantara sistem komputer yang ada di Smartphone kita. 


Semoga Bermanfaat, Please Share....

Share on :

0 Response to "Internet Of Things"

Posting Komentar