Big Data Adalah

BIG DATA

Secara sadar atau tidak hidup kita saat ini bergantung pada data atau data yang bergantung pada kita, nah ini adalah dua hal yang entah bagaimana bisa diketahui yang lebih dulu seperti banyak pertanyaan tentang yang mana dulu ayam atau telur, telur dulu atau ayam. lain waktu akan kita bahas tentang ayam dan telur, ayam atau telur.

Baca Juga: Apa itu Big Data

Kembali lagi pada DATA, sepertinya hampir di setiap waktu selalu terdengar tentang data, data ini data itu, sebenarnya apa sih data itu???  Secara singkat dan mudah dimengerti data itu adalah sekumpulan catatan atas kumpulan fakta. Ingat fakta ya gaes bukan mitos. untuk lebih rinci apa itu data bisa ke link di bawah ya. karena disini kita mau bahas tentang BIG DATA. okey... Lanjut....

Baca Juga: Pengertian Data dan Informasi

Banyak pertanyaan kenapa BIG DATA, dan sepertinya tren big data ini akan semakin terus berkembang di masa depan. Gaes tau gak kalau di setiap detiknya menghasilkan 1,7 megabyte informasi baru yang dikumpulkan dari perilaku seseorang, tau gak gaes itu baru dari postingan dan komen-komen para netizen, belum lagi kontroversi lainnya dan transaksi data lainnya, kebayang gak sih banyaknya dan diperkirakan pada tahun 2020 4,3 triliun Gigabyte data dihasilkan. Wah banyak banget kan gaes. Jadi untuk teknil pengumpulan, penyimpanan dan pengolahan data masih banyak dikembangkan lho kedepannya, ini merupakan suatu peluang bagi kita buat ada disana karena sekarang jamannya data kalau kata Jack Ma yang orang terkaya di Cina "Data Time". Banyak peluang disana. Jadi itu salah satu kenapa minimal harus tau apa itu big data. 

Salah satu teknik penyimpanan yang dikembangkan saat ini dan untuk kedepannya adalah cloud computing. Bahasa Indonesianya Komputasi awan. yaitu menyimpan dan menganalisis data di atas awan. Apa iya di atas awan bisa di letakan data, Begini ya maksudnya gaes menaruh data di jaringan web internet dari berbagai server.


Saat ini Big Data tidak hanya di gunakan untuk kepentingan Bisnis, dan pemasaran, namun ada yang lebih banyak lagi misalnya memprediksi cuaca, memprediksi pergerakan harga saham, harga emas, prediksi kemacetan, prediksi kecelakaan, prediksi penyebaran penyakit, prediksi tindakan kriminal dan masih banyak lagi gaes. 

Definisi Big Data adalah aktivitas untuk mengumpulkan sejumlah besar data dari berbagai sumber untuk mengidentifikasi trend dan pola data tersebut.

Secara sederhana Big data adalah himpunan data yang sangat besar yang tidak mampu diolah sistem komputer dan perangkat lunak konvensional dan memiliki karakteristik tertentu (LIPI, 2016). 3 Hal yang paling penting dalam bida data adalah;
  1. Volume (Seberapa besar jumlah data)
  2. Variety (Seberapa Besar variasi data terjadi, variasi jenis data, seperti teks, gambar, video, dll)
  3. Velocity (Seberapa cepat perubahan data)
Big data terdiri dari 8V:

Apa saja yang menghasilkan Big Data?
Salah satunya adalah Internet of Things.

Baca Juga: Internet of Things

Internet Of Thing bisa diartikan dimana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melaui sebuah jaringan seperti internet. Mulai dari Handphone, Televisi, Jam tangan, AC, bahkan sampai dengan Kulkas. Semua itu menghasilkan data. Belum lagi data yang di hasilkan manusia setiap harinya seperti data perbankan, data postingan mu di sosial media, data pendidikan, riwayat hidup seseorang, data transaksi belanja, data tentang lokasi di peta digital dan yang paling penting adalah data untuk ilmu pengetahuan.

Beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk menganalisis Big data adalah:
  1. Gephi
  2. Python
  3. Netlitic
  4. Apache Nifi
  5. Tableau
Big data dapat di implementasikan, antara lain dalam bidang,
  1. Kesehatan
  2. Pariwisata
  3. Bisnis
  4. Pemerintahan
  5. Pendidikan dan lain sebagainya
dari banyaknya yang dapat di implementasikan ini gaes, membuat peluang baru akan suatu pekerjaan di bidang teknologi informasi untuk kedepannya yaitu data science. Lumayan lho gajinya seorang data scientist.

Baca Juga: Data Science


Big Data dapat di pahami dari DIKW Pyramid di bawah ini;


  1. Data adalah sebagai sumber kumpulan fakta
  2. Informasi merupakan fakta yang memiliki makna (5W)
  3. Knowledge atau pengetahuan untuk menjawab bagaimana...HOW
  4. Wisdom untuk membantu memahami fenomena yang terjadi
Baca Juga: Pengertian Data dan Informasi

Pada poin 3 terdapat Knowledge atau pengetahuan, yang mana pada level ini teknik untuk menjawab bagaimana, apa yang terjadi yang di perlukan adalah teknik dari Data Mining. Teknik data minig ini bisa di bilang adalah bagaimana teknik untuk menggali data terstruktur dan tidak terstruktur. Data mining merupakan serangkaian proses untuk menggali data dan mengolahnya menjadi informasi yang berharga untuk mengambil keputusan.


Selanjutnya aplikasi apa saja yang bisa mengelola Big Data, ada Hbase, Hadoop, spark dan lain sebagainya...

Baca Juga: Hbase, Hadoop, Apace Spark

Semoga Bermanfaat, Mengikat ilmu bisa dengan cara menulis dan membagi...
Please share, Thank's all...
Share on :

0 Response to "Big Data Adalah"

Posting Komentar