Data Scientist Profesi Kekinian yang paling di cari

Data Science
Science berasal dari kata serapan asing dari bahasa latin bisa berarti "Pengetahuan" atau bahasa inggris berarti "Ilmu", dari istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu di mana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan di mana pun. Orang yang menekuni bidang ilmu pengetahuan alam disebut sebagai Saintis.
Data menurut Scott adalah Sekumpulan fakta, bilangan, angka dan simbol yang dibentuk dan diolah menjadi informasi.

Jika dilihat dari arti kedua kata Data dan Science, bisa di sederhanakan bahwaData Science adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang data. 

Hmm... perlu gak sih belajar tentang data? Bisa dibilang perlu banget, Kenapa???

Kenapa harus mempelajari tentang Data?
Tau kah kamu kalau di dalam setiap detik di dunia ini akan menghasilkan data karena kemajuan  dan perkembangan teknologi jaman sekarang. Masih gak percaya kalau di setiap detiknya bermunculan data-data baru yang bentuknya teks, video, gambar, dll. 
Kalau masih belum percaya data itu ada di mana-mana, coba kamu perhatikan status di Sosmed kamu, eh tunggu dulu, sebelum melihat postingan kamu atau orang lain, sebenarnya kamu punya berapa akun sosmed, dari Facebook, Twitter, Instagram, Google+, WA, Telegram, dll kamu punya semua atau semuanya kamu posting, wah banyak bangetkan, itu baru satu orang, nah di dunia ini pengguna sosmed berapa banyak sih dan berapa akun yang dimiliki dan berapa postingan yang tersebar, nah itu gambaran data yang dihasilkan dari sosial media, belum lagi data dari transaksi jual beli di market place. Itu adalah salah satu dari sekian banyak kenapa kita perlu mempelajari data. Karena dimasa yang akan datang peluang kerja menjadi Data scientist terbuka lebar gaes.

Apa itu Data Science?

Suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik), baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur.


Kalau Data Scientist?
Salah satu profesi kekinian dengan prospek cerah yang berada dalam bidang interdisipliner dengan fokus pada teknologi informasi. 
Jadi, seorang data scientist mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha.

Skill yang diperlukan apa saja?
Karena kewajiban seorang data scientist adalah untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha, maka keahlian wajib yang dimiliki adalah;
  • Stastistik
  • Visualisation
  • Data Mining
  • Database & Data proces
  • Neurocomputing
  • Machine learning
  • Pattern Recognition
Nah kalau tertarik di profesi data scientist ini gimana caranya?
Sebenarnya mau dari latar belakang pendidikan apapun selama kamu menguasai kemampuan dasar sebagai data scientist ga masalah, kalau kamu punya tekad yang kuat pasti bisa, tapi kalau dilihat dari kemampuan yang wajib harus dimiliki seorang data scientist kamu akan lebih mudah jika berasal dari bidang komputer dan elektronik, ekonomi, statistik khususnya sih statistik, manajemen dan tentunya harus selalu update pengetahuan dan terus melatih diri dan belajar tiada henti.

Berikut ini merupakan gambaran salah satu penggunaan formula di bagian Machine learning, gaes.
kenal dekat dengan Naive Bayes, Perceptron, Linier Regression, KNN, Neural Network, PCA, BPNN, SVM, dan masih banyak lagi formula yang di gunakan tergantung dari kebutuhan datanya gaes.





Semoga Bermanfaat, Mengikat ilmu bisa dengan cara menulis dan membagi...
Please share, Thank's all...
Share on :

1 Response to "Data Scientist Profesi Kekinian yang paling di cari "

  1. I was just browsing through the internet looking for some information and came across your blog. I am impressed by the information that you have on this blog. It shows how well you understand this subject. Bookmarked this page, will come back for more.
    data scientist course in hyderabad

    BalasHapus