Cloud Computing

Cloud Computing


Komputasi awan merupakan kombinasi pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Untuk penyebutan Cloud computing ini sendiri merupakan sebuah istilah yang diberikan pada salah satu teknologi jaringan internet. Kenapa salah satu, karena jaringan itu banyak jenisnya bos, hehehe...



Pada teknologi berbasis cloud computing semua data berada dan di simpan pada internet, begitu juga dengan aplikasi atau software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna semuanya berada di komputer server. Sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada server, tetapi pengguna harus terhubung dengan internet untuk bisa mengakses dan menjalankan aplikasi tersebut. Pengguna bisa saja hanya menyediakan sebuah komputer dan perangkat jaringan internet untuk bisa terhubung ke server internet dan menyimpan data tanpa harus menyediakan hard-disk besar pada komputer untuk menyimpan data. 

Contoh aplikasi yang menggunakan cloud compiting salah satunya adalah produk dari Microsoft Office, excel, word dan lainnya, pengguna bisa menjalankan aplikasi tersebut di server internet sehingga tidak perlu repot-repot untuk menginstal aplikasi tersebut di komputer pribadi. 

Dengan kemunculan cloud computing memudahkan kita untuk dapat menyimpan data tanpa harus investasi server bentuk fisik dan maintenance hardware server.


Berdasarkan jenis layanannya, Cloud computing ada 3, yaitu:
1. SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS)
  • adalah salah satu layanan dari cloud computing, dimana kita tinggal menggunakan software yang disediakan. User hanya tau software dapat digunakan dan berjalan dengan baik.

2. PLATFORM AS A SERVICE (PAAS)
  • adalah layanan dari cloud computing, jika di analogikan dimana kita menyewa rumah berikut dengan lingkungannya, disini adalah mulai dari Sistem operasi, database engine, Framework aplikasi dll, Untuk menjalankan aplikasi yang kita buat.

3. INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS)
  • adalah layanan cloud computing dimana kita bisa menyewa infrastruktur IT, Seperti komputasi, storage, memory, network. Disini kita bisa mendefinisikan berapa besarnya unit komputasi(CPU), penyimpanan data (Storage), Memory (RAM), Bandwith, dan konfigurasi lainnya yang akan kita sewa.

Jadi tipe layanan yang diberikan ubntuk cloud computing adalah sesuai dengan kebutuhan pengguna

  1. IaaS Cloud digunakan untuk IT Profesional
  2. PaaS Cloud digunakan untuk Developer, dan
  3. SaaS Cloud digunakan untuk Bussines end user
Kelebihan penggunaan teknologi Cloud Computing, yaitu:

  1. Dari segi biaya dapat diminimalisir karena cenderung lebih urah, dari pada harung mengadakan infrastruktur fisik.
  2. Kemudahan akses dan lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengguna
  3. Dapat meningkatkan produktivitas
  4. Memperluas jasa pengembangan IT
  5. Peluang baru bagi bisnis

Kekurangan penggunaan teknologi Cloud Computing, yaitu;

  1. Service Level, Karena ada kemungkinan layanan dari provider yang tidak maksimal meliputi data protection dan data recovery.
  2. Privacy, adanya kemungkinan data di akses penggunalain karena hosting dilakukan bersama-sama
  3. Compliance, yang mengacu pada regulasi pada user dan provider
  4. Data Ownership, tentang kepemilikan data setelah data tersimpan di sistem cloud
  5. Data Mobility, adanya kemungkinan share data antar cloud dan cara memperoleh kembali jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud


Baca Juga: IOT, Smart City


Semoga Bermanfaat, Mengikat ilmu bisa dengan cara menulis dan membagi...
Please share, Thank's all...
Share on :

0 Response to "Cloud Computing"

Posting Komentar