Smart City

Smart City
Kota-kota di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar merupakan peluang baru untuk di terapkan nya program Smart City. Nah apa sih Smart City itu?


Smart city jika menggunakan bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “kota cerdas” ya sudah pasti itu.hehe.. kalau di pahami secara sederhana. Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Hampir seluruh ibu kota dan kota besar di belahan dunia telah menerapkan program Smart City, baik di kota di negara Eropa, Amerika, Asia, hingga Afrika. Kota di Asia yang penerapan Smart City pada level sangat baik adalah di Tokyo, Hongkong dan korea, mereka mengadopsi program Smart City dengan memaksimalkan infrastruktur yang ada di Kota-kota mereka, ya tentu saja program Smart City ini tidak bisa di terapkan jika tidak ada fasilitas dan infrastruktur yang baik. Sebut saja teknologi Internet Of Things(IOT) yang menghubungkan semua benda di sekitarnya dengan infrastruktur internet yang baik. 


Baca Juga: IOT

Kota-kota di Indonesia di dorong untuk menjadi lebih cerdas. Tantangan penataan kota yang kompleks memerlukan langkah yang smart, terpadu dan sustainable. Dari hasil riset World Economic Forum pada 2015, beberapa tantangan di Indonesia adalah:
  1. Korupsi
  2. Birokrasi yang tidak efisien
  3. Supply infrastruktur yang tidak memadai
Nah itu merupakan tantangan Indonesia untuk maju, saat teknologi sudah di gunakan secara maksimal dan program Smart City dapat di terapkan maka transparansi akan di dapatkan, semua akan setara dan merata cerdasnya. Karena Program Smart City memiliki teknologi big data di dalamnya diman semua data yang terekam di setiap detiknya akan terhimpun di kota yang cerdas dan penggunaan teknologi big data merupakan salah satu dari pengembangan program big data, Secara sederhanya bisa kita ambil contoh dari pemanfaatan CCTV yang ada di titik-titik kota maka akan merekam setiap kejadian di setiap detiknya, gak kebayang ya berada data gambar dan video yang di hasilkan perhari, minggu bulan dan tahunnya. nah ini baru CCTV, jika penerapan program Smart City berjalan dengan maksimal didukung dengan Infrastruktur yang baik maka jutaan data akan di hasilkan per detiknya dan semua itu dapat menjadi acuan untuk mengatur kebijakan di dalam kota itu, semakin smart kehidupan maka semakin smart semuanya.....
  • Smart People
  • Smart agriculture
  • Smart Home
  • Smart Education
  • Smart Energy
  • Smart Healt
  • Smart Mobility

Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat kita garis bawahi berkaitan dengan smart city.
yaitu:
  1. Sebuah konsep yang diterapkan oleh sistem pemerintahan daerah dalam mengelola masyarakat perkotaan.
  2. Mensyaratkan pengelolaan daerah terhadap segala sumber daya dengan efektif dan efisien.
  3. Smart city diharapkan mampu menjalankan fungsi penyedia informasi secara tepat kepada masyarakat dan mampu mengantisipasi kejadian yang tak terduga.
Baca Juga: Big Data

Semoga Bermanfaat, Mengikat ilmu bisa dengan cara menulis dan membagi...
Please share, Thank's all..
Share on :

0 Response to "Smart City"

Posting Komentar