5 Hal Penting Kuliah di Bidang Informatika dan Komputer

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui saat kuliah di bidang informatika dan komputer,  karena ada hak dan kewajiban yang harus diketahui saat menjalankan kuliah selama 4 tahun yang menjalani program S1 (Strata 1). Dalam menempuh masa studi selama 4 tahun di bidang informatika dan komputer nanti setelah lulus mau ngapain? kalau dari awal tidak mencari tau buat apa dan mengapa mengambil jurusan di informatika dan komputer ya tidak salah juga ketika nanti saat menerima ijasah bingung mau ngapain. 

Nah disini ada 5 hal penting yang perlu diketahui saat kuliah di bidang informatika dan komputer.
1. Ilmu Pengetahuan Dasar Informatika dan Komputer
Sebelum lebih jauh melangkah, dari awal kamu harus bisa membedakan dimana pilihan jurusan informatika yang kamu ambil, karena di bidang informatika dan komputer ada 5 jurusan yang memiliki karakterisik sendiri, yaitu:
  1. CE ( Computer Engineering ) atau Teknik Komputer, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Keras, Komputerisasi Digital, Ilmu Komputer Digital, Rekayasa Komputer.
  2. CS ( Computer Science) atau Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Ilmu Informatika, Matematika komputasi.
  3. IS (Information System) atau Sistem Informasi, Manajemen informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi.
  4. IT (Information Technology) atau Teknologi Informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Telematika, Teknik Informasi, Teknologi Informatika.
  5. SE (Software Engineering) atau Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Software, Programing, Pengembangan Software.

Dari 5 jurusan di bidang informatika dan komputer semua lulusannya wajib bisa coding dan berpikir komputasi karena 5 jurusan ini wajib punya pengetahuan dasar yang di bagi menjadi 11 dasar ilmu di bidang informatika dan komputer.
  1. Data System 
  2. Algorithm 
  3. Program Building 
  4. Computer Application
  5. Information System
  6. Sustem Integration
  7. Computer and devices
  8. Computing Resource
  9. Network and Communication
  10. Human Machine Interaction
  11. Intelligent System
ke 11 dasar ilmu ini wajib dimiliki oleh 5 jurusan di bidang informatika dan komputer, setelah itu baru inti keilmuan dari setiap jurusan sebagai pembeda dari masing-masing jurusan informatika, biasanya disini pendalaman jurusan satu dengan yang lain di sesuaikan dengan fakultas atau visi misi dari universitasnya juga, makanya mungkin jurusannya sama tapi ada beberapa fokus yang berbeda saat kita membandingkan jurusan yang sama namun beda kampusnya.

2. Pengetahuan Praktis
Pengetahuan praktis ini wajib dimiliki oleh kamu-kamu yang sedang atau sudah menjalani di bidang informatika dan komputer. Yaitu selanjutnya keilmuan yang perlu di ketahui sebagai referensi komponen lokal yang adaptif.
  1. SDLC (Systems Development Life Cycle) yaitu ilmu yang terkait dengan pengembangan sebuah sistem, kebutuhan sistem, desain, model, implementasi, Audit dan lain sebagainya, banyak model yang bisa digunakan(Agile, Waterfall, V-Shaped, Iterative, Spiral).
  2. MAGO (Management and Governance) yaitu, Kumpulan dari berbagai ilmu pengetahuan penerapan, pengelolaan dan pengawasan ragam entitas perangkat informasi. Seperti Tata kelola Teknologi Informasi, Manajemen Kualitas software, Perencanaan strategis IT 
  3. ENAP (Enterprise Applications) yaitu, Pengetahuan yang terkait dengan aplikasi Teknologi Informasi dalam kehidupan manusia sehari-hari, Seperti ERP, CRM, Supply Chain management, Intranet, ekstranet, Corporate dan lain sebagainya, 
  4. EMTE (Emerging Technologies) yaitu, Kumpulan konsep ilmu pengetahuan yang mutakhir di dunia teknologi informasi.
  5. INCO (Informatics Concepts), Yaitu ilmu yang terkait dengan penerapan konsep-konsep informatika di berbagai aspek kehidupan masyarakat luas, seperti e-Goverment, e-Governance, e-commerce, e-bussines, e-Procurement, Bio-Informatic, Cyber Economic, Digital Community, dsb
  6. SACK (Supporting and Core Knowledge), Yaitu ilmu pengetahuan non Informatika yang menjadi penunjang utama, seperti, Matematika terapan, Ststistik, Manajemen, Metodologi penelitian, Fisika dan lain sebagainya.
  7. AASS (Arts and Sosial Science), yaitu ilmu penunjang non informatika yang berkaitan dengan seni dan sosial seperti Psikologi organisasi, sosiologi, Teori komunikasi, Pengantar ilmu hukum, Etika profesi dan lain sebagainya. 
  8. INSK (Interpersonal Skill) yaitu, pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi efektif dan psikomotorik seseorang, Seperti Team Building, Presentation skill, Teknik negosiasi, Manajemen perubahan, resiko, conflic resolution, Teori kepemimpinan dsb.
  9. INSI (Industry Signatures) yaitu, pengetahuan yang berasal dari bentuk atau format yang mempresentasikan dunia industri informatika, seperti Praktek magang, sertifikasi profesi,seminar, konferensi, skripsi dsb
Secara mudah dipahami 9 ilmu ini adalah ilmu yang mutakhir sesuai dengan kebutuhan teknologi pada jamannya, jadi ilmu ini isinya menyesuaikan dengan teknologi yang sedang berkembang, Itulah dasar keilmuan informatika dan komputer yang perlu di miliki, agar nanti setelah lulus mudah untuk melanjutkan ke profesi yang sesuai dengan keilmuan di bidang informatika dan komputer.

3. Kompetensi
Kompetensi merupakan akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu deskripsi kerja secara terukur melalui asesmen yang terstruktur, mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya. Jadi ijasah yang kita dapatkan dan gelar S.Kom itu hanya kualifikasi, bukan Kompetensi. Secara kualifikasi mungkin sudah bisa mendapatkan gelar dan ijasah tapi sepertinya itu tidak cukup bagi dunia industri. Industri menginginkan kompetensi yang sesuai salah satunya dengan adanya sertifikat profesi dan sertifikat kompetensi. 

4. Sertifikat Profesi 
Merupakan pengakuan untuk melakukan praktik profesi yang diperoleh lulusan pendidikan profesi yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bekerja-sama dengan kementerian-kementerian lain, LPNK, dan/atau organoisasi profesi yang bertanggung jawab atas mutu layanan profesi, dan/atau badan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (UU No.12 Tahun 2012 Tentang PT Pasal 43). 
Contohnya BNSP. 


5. Sertifikat Kompetensi 
Merupakan pengakuan kompetensi atas prestasi lulusan yang sesuai dengan keahlian dalam cabang ilmunya dan/atau memiliki prestasi di luar program studinya. Sertifikat Kompetensi tersebut diterbitkan oleh Perguruan Tinggi bekerja sama dengan organisasi profesi, lembaga pelatihan, atau lembaga sertifikasi yang terakreditasi kepada lulusan yang lulus uji kompetensi. (UU No.12 Tahun 2012 Tentang PT Pasal 44).
Contohnya sertifikat di keluarkan dengan bekerja sama dengan Microsoft, Oracle, ISACA, CISCO, SAP, dan lain sebagainya sesuai kompetensi yang di butuhkan :





 








Berikut Profesi yang nantinya bisa kamu pikirkan untuk profesimu setelah lulus, dan sesuaikan dengan sertifikat kompetensinya.



Kalau kamu di jurusan S1 Jenis pekerjaannya bisa di bilang sebagai teknisi atau Analis Madya, Posisinya mulai dari asistem manajer sampai Deputy Manager Advisor. Kalau D3 wilayah operator.


Semoga bermanfaat, Silahkan di share.... Lanjutkan perjuangan.... dan jangan menyerah....
Share on :

0 Response to "5 Hal Penting Kuliah di Bidang Informatika dan Komputer"

Posting Komentar