Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika

Galau di semester akhir karena judul skripsi ditolak terus, bisa jadi masih gak ngerti posisi jurusan yang kita pilih, jangan-jangan anak Sistem Informasi yang biasa dibilang anak SI malah cenderung ke arah anak teknik informatika (anak TI) atau sebaliknya. Milih jurusan SI atau TI tapi gak ngerti SI atau TI itu apa??? hm...mmmm... Coba baca dulu deh..... 

Sebelum kita bahas SI (Sistem Informasi/ Information System) atau TI (Teknik Informatika/Computer Science) sebelumnya kita kilas balik dulu sedikit mengenai sejarah penamaan jurusan komputer di Indonesia.
Kalau menurut saya, karena para pakar dan ahli komputer di Indonesia dulunya kuliah nya tersebar ada yang di Amerika, Eropa dan Asia (Jepang) makanya penamaan jurusan komputer di Indonesia beragam. He,,he,, ini menurut pendapat saya. Yuk kita ikuti saja ulasan berikut ini biar pada paham dikit-dikit lah...

Sejarahnya  

Kalo dilihat dari nama, Jurusan “Ilmu Komputer” berasal dari “Computer Science” yang banyak digunakan sebagai nama jurusan universitas di Amerika. Sedangkan nama jurusan Teknik Informatika berasal dari “Informatics” yang digunakan universitas di Eropa.  Penamaan ini  diperjelas karena saat itu jurusan Ilmu Komputer hanya bisa ditemukan di universitas, seperti di UI, UGM, USU, Universitas Udayana, dll. Sedangkan nama jurusan Teknik Informatika hanya berada di Institut, seperti ITB atau ITS.

Kemudian perbedaan lain adalah dari titel yang di dapat. Sarjana Ilmu Komputer mendapat titel “S.Kom”, sedangkan sarjana TI mendapat titel “S.T”. Namun karena berada di bawah Fakultas MIPA, beberapa sarjana Ilmu Komputer juga masih mendapat titel “S.Si”. Sebenarnya ini hak universitas mau memberi gelar apa, beberapa sarjana TI juga bisa mendapat gelas “S.Kom”.

Kembali ke perbedaan antara Ilmu Komputer atau Teknik Informatika, saat itu keduanya tidak terlalu berbeda. Ada yang menyatakan bahwa Ilmu Komputer lebih ke arah ‘sains’, sedangkan Teknik Informatika lebih kearah implementasinya.

Informatika dianggap sebagai rumpun ilmu "antar bidang" karena sejarah evolusi dan perkembangannya(APTIKOM).

Selanjutnya kita pandang dari sisi SI (Sistem Informasi)
Sistem Informasi dulunya lebih dikenal dengan nama Manajemen Informatika yang didominasi oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia. Untuk lebih jelasnya lihat aja gambar di bawah ini. Sebelum dan sesudah tahun 90an tentang semua jurusan komputer. 

Keterangan:

CE ( Computer Engineering )
Nama lainnya versi Indonesia adalah Teknik Komputer, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Keras, Komputerisasi Digital, Ilmu Komputer Digital, Rekayasa Komputer.

CS ( Computer Sains)
Nama lainnya versi Indonesia adalah Teknik Informatika, ilmu komputer, ilmu komputasi, ilmu informatika, Matematika komputasi.

IS (Information System)
Nama lainnya versi Indonesia adalah Manajemen informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi.

IT (Information Technology)
Nama lainnya versi Indonesia adalah Teknologi Informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Telematika, Teknik Informasi, Teknologi Informatika.

SE (Software Engineering)
Nama lainnya versi Indonesia adalah Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Software, Programing, Pengembangan Software.
(untuk sementara di halam ini hanya membahas lebih tentang SI dan TI) Next page kita bahas semua...

Secara Singkat Bisa dijelaskan seperti ini...


Information Systems (Sistem Informasi) 
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Computer Science (Teknik Informatika)
Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.

TEKNIK INFORMATIKA

Pada kemampuan lebih menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.

Untuk Kurikulum TI, Kurikulumnya akan sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma – yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.



Sedangkan untuk Cakupan Ilmu, Spektrumnya sangat beragam dari yang sangat teoritis dan algoritmis, hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas. -Terbagi menjadi tiga bagian utama yang fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan:
a. dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
b. dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya.
c. sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.

SISTEM INFORMASI

Pada kemampuan lebih menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi

Untuk Kurikulum SI, Kurikulum harus ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (the value of information technology to the business).



Sedangkan Cakupan Ilmu lebih Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi -Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
-Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi.

Semoga membantu.... jadi jangan galau kelamaan.... Silahkan di Share.... 
Share on :

2 Responses to "Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih kak atas penjelasannya, materi nya sangat berguna sekali, jadi saya sebagai pemula bisa mengerti.
    NIM : 1922500134
    NAMA : Elvin Abel
    Kelompok ; SI2K
    Link Kampus
    https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus