3 kesalahan terbesar kuliah di bidang IT

Jaman sekarang kuliah tidak sekedar untuk mendapatkan gelar dan pekerjaan, tetapi kuliah juga bisa sebagai tempat untuk membangun koneksi dan relasi. Makanya waktu jaman kuliah jangan menyendiri karena kita gak bakal tau teman-teman kita nanti akan jadi apa, perbanyaklah teman, karena banyak teman banyak rejeki.hehehe....
Mungkin yang dulunya aktivis kampus saat sudah lulus maju ke Legislatif dan masuk ke dunia perpolitikan mana tau jadi anggota dewan, bupati, gubernur kementrian atau bahkan jadi Presiden. Ada juga yang hobi nya dagang waktu kuliah dan saat sudah lulus jadi pengusaha sukses dan masih banyak yang lainnya. Namun ada juga yang tidak menggunakan gelar tersebut karena berbagai hal. Sebelum menyalahkan gelarnya ada baiknya untuk tau lebih dalam tentang bidang yang digeluti. Kalau kamu kuliah di informatika dan komputer sebenarnya banyak peluang yang bisa di ambil, asalkan ada ilmunya. Walaupun gak kuliah tapi kalau ada ilmunya pasti banyak peluang. Sebaliknya kalau ada peluang tapi gak ada ilmunya ya mau gimana lagi.

Nah ini 3 kesalahan terbesar kalau kamu ngambil kuliah di bidang informatika dan komputer atau IT.

1. Tidak punya kompetensi IT
Kata nya kuliah di IT tapi coding gak bisa, desain grafis gak bisa, jaringan komputer gak ngerti, analisa sistem ga paham, instalasi server bingung, menganalisa data ga nyambung.  Nah ini biasanya keahlian standar yang di minta bagi instansi atau perusahaan yang perlu orang IT. Biasanya keahliannya itu langsung di praktekan saat interview, coba langsung bukan di training dulu. Jadi yang punya keahlian yang bisa masuk kedunia itu. Nah gimana kalo punya keahlian setengah-setengah?? Hmmm lebih baik ya belajar lagi dan di perdalam ilmunya.
Berikut gambaran pekerjaan di bidang IT, Sebagai contoh Ada Data Scientist dan Data Engineer.



Dari kedua profesi tersebut setidak-tidaknya kalian punya keahlian tentang Programming, Matematika, statistik dan ilmu ke"data"an, sebaiknya terlisensi dan memiliki sertifikat kompetensi di bidang data, misalnya SQL, Oracle dan sejenisnya. Kalo kalian gak punya lisensi atau sertifikat kompetensi di bidang ke"data"an, setidaknya kalau di tes langsung kalian ada di tingkat mahir bukan pemula. Karena biasanya perusahaan membutuhkan orang yang bisa bekerja bukan orang yang mau bekerja
Bagi yang ngambil kuliah di bidang Informatika dan komputer atau IT mau tidak mau setelah lulus kuliah harus lebih banyak belajar karena ilmu di bidang informatika dan komputer cepat kadaluarsa, karena teknologi tidak pernah jalan di tempat. Jadi ilmu saat kuliah belum tentu digunakan saat bekerja. Kalau kampusnya memahami kebutuhan pangsa pasar kerja di bidang IT maka beruntunglah kamu yang kuliah di sana, namun jika kampusnya tidak berpihak ke pasar kerja di bidang IT maka banyak-banyaklah belajar kembali agar tidak tertinggal. Punya Ijasah aja ga banyak membantu bagi kalian yang ngambil kuliah di bidang IT kalau kalian gak punya ilmunya.

2. Tidak kreatif dan inovatif
Jika saat diwisuda kamu tidak memiliki kompetensi IT maka jalan selanjutnya adalah kamu harus kreatif dan inovatif. Kenapa harus inovatif dan kreatif??? karena kerja di bidang IT itu persaingannya ketat bro n sis. Kalau kamu gak kreatif dan inovatif maka akan jalan di tempat sementara yang punya ide kreatif dan inovatif tidak hanya berlari bahkan mereka melesat seperti kilat. Itu adalah faktanya bro n sis.. 
Contoh yang nyata Bukalapak, Tokopedia, GOJEK, Traveloka dll. Founder nya itu inovatif dan kreatif bro n sista. Sampai starup mereka bisa booming sampai saat ini mereka di setiapharinya harus berinovasi tiada henti. karena jika mereka berhenti yang lain akan melesat. Begitu juga kamu-kamu yang kuliah di bidang IT, Ke laut aja cari kepiting kalo ga kreatif dan inovatif. Hmmm cari kepiting juga perlu kretifitas dan inovasi... jangan salah ya... He..he..he.. 
Nah jika kamu orangnya gak kompeten di bidang IT tapi memiliki ide-ide cemerlang dan briliant, kreatif dan inovatif bisa kolaborasi dengan teman-teman yang pintar-pintar itu untuk menciptakan peluang dan sesuatu yang bisa booming. Harus kolaborasi ya.

Baca Juga: Pekerjaan Lulusan IT
3. Tidak menjalin komunikasi
Jika kamu kuliah di bidang IT tidak memiliki kompetensi IT dan tidak kreatif juga inovatif maka setidaknya kamu punya komunikasi yang bagus untuk membuka jalan dan peluang dari rekan-rekan yang sudah sukses, dengan menjalin komunikasi yang baik maka peluang untuk tetap berada di jalur bidang IT masih ada dan terbuka lebar. Tapi kalau jaman kuliah kamu penyendiri dan gak punya teman, hmmmm... sebaiknya jalin ikatan alumni agar bisa terbantu. Karena kembali lagi pada hakikatnya manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. oke.... Banyak teman banyak rejeki. Jalinlah komunikasi yang baik dengan semua angkatan, dari angkatan atas atau angkatan bawah. 



Semoga artikelnya bermanfaat, silahkan di share...
Share on :

0 Response to "3 kesalahan terbesar kuliah di bidang IT"

Posting Komentar