UML Diagram Part4 (Object diagram)

Diagram Objek (Object diagram)

Diagram objek merupakan bagian dari UML Diagram yang masih bergantung dengan diagram kelas (Class diagram). Diagram objek mendeskripsikan bagaimana kumpulan objek tertentu saling berhubungan. Diagram objek adalah diagram instan (instance diagram) yang mendeskripsikan instan-instan kelas. Diagram instan berguna untuk dokumentasi skenario, serta kasus pengujian (test case) dan mendiskusikan contoh-contoh instan diagram kelas. Jadi diagram objek tergantung pada diagram kelas. Diagram objek lebih dekat dengan perilaku sistem yang sebenarnya. Tujuannya adalah untuk menangkap pandangan statis dari sebuah sistem pada saat tertentu.

Diagram Objek Untuk Memodelkan Struktur Objek
  1. Identifikasi mekanisme yang ingin dimodelkan. Mekanisme merepresentasikan suatu fungsi atau perilaku suatu bagian sistem yang ingin dimodelkan yang merupakan hasil interaksi sekelompok kelas .
  2. Identifikasi kelas-kelas, interface dan kolaborasi lain yang berpartisipasi di kolaborasi ini, identifikasi keterhubungan antar mereka.
  3. Gunakan skenario untuk menelusurinya
  4. Perdalam nilai-nilai state dan atribut dari masing-masing objek.



Contoh:
Contoh berikut adalah menunjukkan diagram kelas sederhana, dengan dua elemen Kelas terhubung, yaitu computer dan repository.

Kelas atas menggambarkan sebagai Objek dalam diagram Object. Ada dua contoh dari Komputer dalam model ini, yang dapat membuktikan untuk mempertimbangkan hubungan dan interaksi Kelas sebagai Objek .




Share on :

0 Response to "UML Diagram Part4 (Object diagram)"

Posting Komentar