Pengenalan DBMS (database management system)

Dalam kehidupan digital saat ini, keberadaan komputer dan internet merupakan hal yang umum,  masyarakat modern dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi hampir tidak dapat terlepas dari sistem yang berkaitan dengan teknologi komputer.
Misalkan seseorang yang memiliki akun disosial media tentunya dalam sehari bisa memposting foto, status, berkomentar ataupun hanya sekedar melihat perkembangan dari sosial media yang diikutinya. kemudian jika seseorang ingin mengetahui sesuatu tapi sedang sendiri atau tidak ingin bertanya kepada oranglain maka pilihannya adalah bertanya kepada mesin pencarian contohnya yang terbesar adalah "GOOGLE".  Secara sadar atau tidak hal tersebut merupakan kebutuhan akan penyimpanan data yang besar. Penyimpanan data tersebut sering disebut database atau basis data bahasa indonesianya. Kalau diartikan lagi ya bisa juga sebagai kumpulan data yang terhubung. Biasanya diilustrasikan dengan bentuk silinder.
Namun sebenarnya dijaman digital ini intinya adalah data yang diterima dapat memberikan informasi dan menghasilkan pengetahuan bagi penggunanya.

jika kita lihat ilustrasi diatas dimana data yang didapatkan seseorang tentunya ada nilai informasinya, contohnya kita punya akun sosmed (Sosial Media), kemudian kita lihat status orang dan kemudian dari status itu kita mendapatkan informasi dan dari informasi itulah ada pengetahuan yang memberikan kita pilihan-pilihan tertentu dalam menyikapinya.
Untuk kepentingan menangani database, sejumlah DBMS (database management system) tersedia dipasaran.   
DBMS (database management system) merupakan:
- Kumpulan program yang mengelola struktur database dan mengendalikan akses ke data.
- Memungkinkan membagi data diantara berbagai aplikasi atau pengguna.
- Membuat pengelolaan data lebih efesien dan efektif.
Jadi DBMS (database management system) mengelola interaksi antara end user dan database.



Share on :

0 Response to "Pengenalan DBMS (database management system)"

Posting Komentar