Arrays
Array digunakan untuk menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel, daripada mendeklarasikan variabel terpisah untuk setiap
nilai. Untuk mendeklarasikan array, kita harus tentukan tipe variabel serta menentukan nama array yang diikuti dengan tanda kurung siku dan menentukan jumlah elemen yang harus disimpan:
Sintaksis
string mobil[4];
Sekarang sintak
diatas telah menyatakan
variabel yang memegang array empat string. Untuk menyisipkan nilai ke dalamnya,
kita dapat menggunakan array literal - menempatkan nilai dalam daftar yang
dipisahkan koma “,”, di dalam kurung kurawal { }:
string mobil[4] = {"Volvo", "BMW",
"Ford", "Mazda"};
Untuk membuat
array dari tiga bilangan bulat, bisa dituliskan sebagai berikut:
int myNum[3] = {10, 20, 30};
Mengakses
Elemen Array
Untuk mengakses elemen array dengan mengacu pada nomor indeks. Pernyataan ini mengakses nilai elemen kedua dalam mobil:
yaitu “BMW”
Contoh:
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() {
string mobil[4] = {"Volvo", "BMW",
"Ford", "Mazda"}; cout
<< mobil[1];
return 0; } |
Mengubah
Elemen Array
Untuk mengubah nilai elemen tertentu, lihat pada nomor indeks:
Contoh
mobil[0] = "Opel";
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string cars[4] =
{"Volvo", "BMW", "Ford", "Mazda"}; cars[0] =
"Opel"; cout <<
cars[0]; return 0; } |
Perulangan
Melalui Array
Kita dapat menggunakan perulangan melalui elemen array dengan sebuah perulangan dan Array.
Contoh berikut
output semua elemen dalam array mobil:
Contoh
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string mobil[4] =
{"Volvo", "BMW", "Ford", "Mazda"}; for(int i = 0; i
< 4; i++) { cout << i
<< ": " << mobil[i] << "\n"; } return 0; } |
Ukuran
Array
Kita tidak selalu menentukan ukuran array. Ukuran Array dapat di masukan
pengguna saat program di jalankan. Contoh:
string mobil[ ] = {"Volvo", "BMW",
"Ford"}; // Ukuran
array selalu 3
Jika kita mendeklarasikan seperti contoh di atas
tidak akan ada masalah.
Namun, masalahnya muncul jika kita menginginkan
ruang ekstra untuk elemen yang akan datang.
Maka kita harus
mempersiapkan dan harus
menimpa nilai-nilai yang ada:
string cars[] = {"Volvo", "BMW",
"Ford"};
string cars[] = {"Volvo", "BMW",
"Ford", "Mazda", "Tesla"};
Namun, jika Anda menentukan ukurannya, array akan mencadangkan ruang
ekstra.:
string cars[5] = {"Volvo", "BMW",
"Ford"}; // ukuran
array adalah 5, meskipun hanya tiga elemen di dalamnya
Sekarang Anda
dapat menambahkan elemen keempat dan kelima tanpa menimpa yang lain:
Contoh:
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string mobil[4] =
{"Volvo", "BMW", "Ford", "Mazda"}; for(int i = 0; i
< 4; i++) { cout << i
<< ": " << mobil[i] << "\n"; } return 0; } |
Deklarasi Array tambahan
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string cars[5]; cars[0] =
"Volvo"; cars[1] =
"BMW"; cars[2] =
"Ford"; cars[3] =
"Mazda"; cars[4] =
"Tesla"; for(int i = 0; i
< 5; i++) { cout <<
cars[i] << "\n"; } return 0; } |
Membuat
Referensi
Variabel referensi adalah "referensi" ke variabel yang ada,
dan dibuat dengan operator &:
Contoh:
Sekarang, kita dapat menggunakan nama variabel makanan (food) atau nama referensi makanan(&meal) untuk merujuk ke variabel makanan(food):
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string food = "Pizza"; string &meal = food; cout << food << "\n"; cout << meal << "\n"; return 0; } |
Memory Address
Dalam contoh sebelumnya, operator & digunakan untuk membuat variabel referensi. Tetapi juga dapat digunakan
untuk mendapatkan alamat memori variabel; yang merupakan lokasi di mana
variabel disimpan di komputer. Ketika variabel
dibuat dalam C ++, alamat memori ditugaskan ke variabel. Dan ketika kita
menetapkan nilai ke variabel, itu disimpan dalam alamat memori ini. Berikut ini untuk mengaksesnya, gunakan operator (& dan) hasilnya akan mewakili di mana variabel
disimpan:
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string food =
"Pizza"; cout <<
&food; return 0; } |
Membuat
Pointer
Sebelumnya, kita bisa mendapatkan alamat memori variabel dengan
menggunakan &operator:
Contoh
string food = "Pizza"; // Variabel food dari string tipe
cout << food;
// Output nilai dari food
(Pizza)
cout << &food; // Output alamat memori dari food
(0x6dfed4)
Pointer adalah variabel yang menyimpan alamat memori sebagai nilainya. Variabel Pointer menunjuk ke tipe data (seperti int
atau string) dari jenis yang sama, dan dibuat dengan operator * .
Alamat variabel tempat perintah
bekerja ditugaskan ke Pointer:
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string food =
"Pizza"; // Variabel string string* ptr =
&food; // Variabel penunjuk yang menyimpan alamat food // Output nilai dari food cout << food
<< "\n"; // Output alamat memori dari food cout <<
&food << "\n"; // Output alamat memori makanan dengan pointer cout << ptr
<< "\n"; return 0; } |
Muhamad Bagas Bimantara_2155201110018
BalasHapusKHANDA AHMAD SUKMAWAN_2155201110035
BalasHapusERSAN NAUFAL AL GIFARI_ 2155201110012
BalasHapusYULISA SURYANA_2155201110029
BalasHapusMuhammad Iqbal adha 2155201110021
BalasHapusAlfisah Damayanti_2155201110006
BalasHapusIHSANUDIN_2155201110014
BalasHapusNur Aina Susanti_2155201110027
BalasHapusElisa Fitriana_2155201110001
BalasHapusAULIA FITRI_2155201110008
BalasHapusFiqri Pramudya Adiyatma_2155201110013
BalasHapusKayyisu Willyani_2155201110016
BalasHapusM. Sarif_2155201110031
BalasHapusAde putri maharani_2155201110004
BalasHapusNovia rahmah_2155201110026
BalasHapusBayu maulana pangestu _ 2155201110009
BalasHapusAndi Indraguna Dewa Buana_2155201110007
BalasHapusMuhammad Noval_2155201110032
BalasHapusMuhammad Tantowi Jauhari_2155201110023
BalasHapusErni_2155201110002
BalasHapusNor Laila Hasanah_2155201110025
BalasHapusMuhammad Tahrir_2155201110022
BalasHapusAhmad Nawawi_2155201110030
BalasHapusJauhar Latifah_2155201110015
BalasHapusmuhammadnurhafilludin_2155201110033
BalasHapusMuhammad Ubaidillah_2155201110003
BalasHapusMuhammad Zulfan Reva Maulana_2155201110024
BalasHapus